Mau terbangkan drone di Amerika? Awas ditembak jatuh!

October 29, 2018


Senat Amerika Serikat telah meloloskan RUU yang memberikan izin pada pemerintah untuk menembak jatuh drone pribadi yang ditetapkan sebagai "ancaman". Hal ini memicu kecaman dari organisasi kebebasan sipil.

TechCrunch melaporkan bahwa perubahan FAA (Federal Aviation Administration) telah disahkan pada hari Rabu setelah melalui DPR di bulan April. Selain memperbarui pendanaan FAA hingga 2023, RUU ini juga mencakup ketentuan lain yang diarahkan untuk memperbarui aturan penerbangan negara. Salah satu pembaruannya adalah memberikan hak pemerintah untuk "memutuskan," "mengendalikan," atau "mengambil atau menyita" drone yang dianggap menjadi "ancaman yang kredibel." Dengan kata lain, pihak berwenang akan mengawasi atau menembak jatuh drone-mu tanpa surat perintah.

Seperti dugaaanmu, kelompok kebebasan hak sipil tidak senang dengan undang-undang ini. "Ketentuan ini memberikan kewenangan dalam pandangan pemerintah untuk mengawasi, merebut atau bahkan menembak jatuh drone di langit yang mungkin saja dimiliki oleh jurnalis atau pihak komersil, tanpa melihat proses hukumnya," kata ACLU pada TechCrunch. "Mereka memberikan kekuatan baru pada Departemen Kehakiman dan Departemen Keamanan Dalam Negeri untuk memata-matai orang Amerika tanpa surat peritntah. Dan mereka mengacaukan penggunaan drone oleh jurnalis yang memungkinan pelaporan isu-isu penting seperti kerusakan karena badai dan aksi protes di Standing Rock."

"Perubahan FAA sama sekali bukan tempat yang tepat untuk ketentuan yang berbahaya ini," tulis EFF. "Jika pembuat kebijakan ingin memberikan kekuatan pada pemerintah untuk meretas atau mengancurkan drone pribadi, maka kongres dan publik harus memiliki kesempatan untuk berdebat mengenai fungsi pengawasan dan batasan pemakaian wewenang untuk melindungi hak dalam menggunakan drone untuk jurnalisme, aktivis, dan hiburan."

Di sisi lain, perusahaan DJI, GoPro dan pemain industri drone sedang merayakan pengesahan RUU ini. Aliansi mereka untuk Drone Innovation telah merilis sebuah pernyataan yang memberikan selamat pada DPR dan Senat yang telah memperjuangkannya.

"Aliansi Drone Innovation sangat senang dengan kepemimpinan DPR dan Senat yang telah bekerja sama tanpa lelah dan dengan masukan dari industri drone untuk meloloskan undang-undang yang memberikan perubahaan jangka panjang pada FAA dan memperkuat peran sentral lembaga di dalam penyusunan sistem udara nasional," kata Jenny Rosenberg ADI Executive Director. "RUU ini menegaskan maksud Kongres untuk mendukung kegiatan/pekerjaan yang lebih aman dengan drone yang berintegrasi dengan wilayah udara. Kami memuji peralatan baru yang akan dipunyai FAA untuk membantu memastikan drone dan pesawat tradisional dapat terbang di langit dengan aman."

RUU kini sudah berpindah ke Gedung Putih, dimana Presiden Trump yang akan menandatanganinya untuk menjadi undang-undang.

Sumber: PetaPixel

Please reload

Featured Posts

Tutorial Videografi: Memilih Lensa yang Tepat Untuk Filmmaking

June 27, 2016

1/10
Please reload

Recent Posts

February 24, 2020

December 11, 2019

Please reload

Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic
©2013 by Zenon Rental
  • Black Instagram Icon
  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black YouTube Icon