Baterai DSLR ini meledak dan terbakar

October 15, 2018


Baru-baru ini fotografer asal Norwegia, Vidar A. Bøen mendapat pelajaran untuk pertama kalinya kenapa baterai yang digunakan untuk kamera DSLR Nikon-nya terbakar. Bøen membeli baterai dan charger merk Hähnel HLX-EL15HP pada 19 Maret. Produsen Hähnel menyebut dirinya sebagai salah satu "produsen produk elektronik terkemuka" untuk kamera digital. Setelah pulang, Bøen memasang charger ke sebuah stopkontak USB dan mulai mengisi daya baterai untuk pertama kalinya. Sekitar satu jam kemudian, baterai tiba-tiba terbakar.

 

"Beruntungnya saya berada di ruangan yang sama dan setelah 30 detik baterai itu langsung saya bawa keluar rumah," kata Bøen. "Tidak ada kerusakan besar yang terjadi kecuali banyak asap dan beberapa bagian yang perlu dibersihkan." Bøen kemudian membawa baterai dan charger yang hangus itu ke toko penghubung dengan produsen Hähnel. Kemudian ia diminta untuk mengirimkan baterai dan chargernya ke kantor pusat Hähnel di Irlandia untuk diselidiki. Itu terjadi di akhir bulan Maret.

 

Minggu ini, akhirnya produsen Hähnel mengirimkan hasil penyelidikannya ke Bøen. Perusahaan itu menyimpulkan bahwa charger bukanlah penyebab kebakaran, dan kesalahan terjadi pada baterainya.

"Kegagalan baterai dikasus ini diklasifikasikan sebagai "kegagalan lapangan" dimana  baterai ini telah melewati berbagai tahap percobaan yang terbaik di proses manufakturnya, namun juga ada hal yang tidak dapat diprediksi dan tidak terdeteksi saat melalui prosedur quality control," kata Bøen. "Teknologi dan teknik baru terus menerus diteliti namun mekanisme "kegagalan lapangan" ini tetap melekat di semua baterai lithium-ion."

 

Inilah kesimpulan resmi dari penyelidikan produsen Hähnel: Satu sel dalam baterai HLX-EL15HP bersikuit pendek secara internal masuk ke jalur termal. Ini sangat jarang namun memang tidak dapat dipisahkan di opsi kagagalan semua baterai lithium-ion. Jadi pada dasarnya, perusahaan mengatakan bahwa setiap baterai kamera lithium-ion diluar sana, termasuk yang diproduksi oleh Nikon sendiri, bisa saja mengalami kegagalan yang sama persis.

 

"Saya harus berhati-hati selama proses pengisian daya (charging) yang pertama kali, " kata Bøen. "Pesan yang terpenting ketika mengisi daya baterai untuk pertama kali adalah: Jangan pernah tinggalkan sendirian." Produsen Hähnel mengganti baterai Bøen dengan charger Pro Cube 2 gratis dan dua unit baterai pengganti sebagai langkah yang baik, namun Bøen mengatakan bahwa ia juga telah menerima sebuah baterai Nikon dari toko saat dia beli setelah insiden itu.

 

Source: PetaPixel

Please reload

Featured Posts

Tutorial Videografi: Memilih Lensa yang Tepat Untuk Filmmaking

June 27, 2016

1/10
Please reload

Recent Posts

October 30, 2019

October 14, 2019

Please reload

Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic
©2013 by Zenon Rental
  • Black Instagram Icon
  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black YouTube Icon