7 Tips dan Trik untuk Pengguna Nikon

October 11, 2018

Steve Perry adalah seorang fotografer yang sebelumnya pernah membuat video terkenal mengenai "7 trik berguna bagi Nikon Shooters." Kini, ia kembali lagi untuk membuat video mengenai 7 trik tambahan lainnya yang dapat membantu meningkatkan gaya pengambilan gambar serta alur kerja.

 

1. Simpan Pengaturanmu
Banyak kamera Nikon yang bisa menyimpan pengaturan sesuai dengan kebutuhanmu. Ada pilihan "Save/Load Setting" di sistem menu. Menyimpan pengaturan kamera ke dalam memory card kemudian load lagi kapanpun dibutuhkan (seperti saat kamera sedang diperbaiki). Ini juga menjadi cara yang berguna untuk saling berbagi satu kamera pada banyak orang atau untuk menyalin pengaturan dari satu kamera ke kamera lain (dengan tipe yang sama).

 

2. Ubah Nama File
Jika kamu punya lebih dari satu kamera, nama file antar kamera tersebut bisa saling bertentangan. Kamu bisa mengubah awalan nama default "DSC" menjadi apapun yang kamu inginkan dengan opsi File Naming yang ada di menu Photo Shooting.

 

3. Level Viewfinder
Kamu bisa mengaturnya dengan menekan joystick activates the artificial horizon di dalam viewfinder. Cara ini juga bisa menunjukan apakah kameramu dalam keadaan miring pada satu sisi atau lainnya, juga bisa membantu mendapatkan level yang tepat untuk objek yang akan difoto/rekam tanpa harus mengalihkan pandangan ke subjeknya. Pengaturan ini tergantung pada kamera model apa yang dimiliki.

 

4. High Speed Flash Sync
Mode auto FP dalam DSLR Nikon memungkinkan kamu untuk menggunakan shutter speed lebih cepat daripada normal sync speed pada unit aksesoris flash (dengan jarak flash yang berkurang). Kamu akan menemukan mode ini di dalam menu Custom Setting, kemudian pilih Bracketing/Flash.

 

5. Pergantian ISO dan Exposure dengan mudah
Cara ini digunakan jika kamu ingin lebih mudah mengatur ISO dan exposure tanpa harus menekan tombol ISO sambil menggeser dial secara bersamaan. Di beberapa tipe Nikon kamu bisa mengatur hal ini dalam menu Custom Setting kemudian pilih Shooting Display atau Metering/exposure.

 

6. Viewfinder Grid
Ketika kamu menyalakan viewfinder grid, maka viewfinder di kameramu akan berubah dari tampilan standar menjadi tampilan yang mempunyai grid overlay. Nyalakan mode ini di dalam menu Custom Setting, kemudian masuk ke Shooting/Display dan pilih opsi viewfinder grid display.

 

7. Exposure Delay Mode
Jika kamu tidak mempunyai kabel shutter release, kamu bisa mengatur short delay antara saat kamu menekan shutter dan saat foto diambil. Pengaturan ini bisa kamu temukan di menu Shotting/display dan pilih exposure delay mode.

Itulah tips dan trik singkat yang mungkin bisa kamu pelajari, jika kamu masih penasaran dan ingin lebih tahu detilnya, kamu bisa melihat videonya di akun Youtube Steve Perry

 

Sumber: PetaPixel / Fstoppers

Please reload

Featured Posts

Tutorial Videografi: Memilih Lensa yang Tepat Untuk Filmmaking

June 27, 2016

1/10
Please reload

Recent Posts

December 11, 2019

October 30, 2019

Please reload

Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic
©2013 by Zenon Rental
  • Black Instagram Icon
  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black YouTube Icon