Golden Hour, Blue Hour dan Twilight

April 11, 2016

 

Seperti yang kita semua ketahui bahwa cahaya adalah elemen krusial didalam fotografi. Dengan mengetahui kapan masing-masing  tahap dan kondisi cahaya, Kamu dapat menilai apa yang lebih cocok untuk setiap momen fotomu. Ada 3 tahapan penting yang wajib Kamu ketahui :

.

Twilight

Adalah waktu interval yang terjadi antara malam dan siang, sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Matahari berada di bawah cakrawala , tetapi cahaya terlihat karena menerangi lapisan atas atmosfer. Twilight dikategorikan juga dengan Civil Twilight, Nautical Twilight, dan Astronomical Twilight, dimana fasenya tidak berbeda jauh dengan Magic Hour (Golden hour & Blue hour).

.

Golden Hour

Periode waktu dimana warna langit berangsur dari jingga ke merah atau ke kuning yang menunjukkan kilau emas,  suhu warna yang hangat, lighting yang lembut dan bercampur, terbias dengan sedikit kontras karena posisi matahari yang rendah di langit. Dikarenakan jenis cahaya ini hanya ada pada periode tertentu yang tidak menghasilkan bayangan yang jelas serta lighting yang terang merupakan moment ideal untuk landscape fotografi.

.

Blue Hour

Selama Blue Hour, langit yang warna  biru menjadi lebih dingin dengan suhu warna yang  jenuh .Pada awal (petang) dan pada akhirnya (pagi), gradien warna dari biru ke oranye, bisa dilihat di tempat matahari terbit dan terbenam, sangat ideal di kota untuk urban fotografi dan city fotografi, juga ideal untuk landscape fotografi karena perbedaan bayangan pada langit dan saturasi warna.

.

Pastikan Kamu mengetahui moment yang tepat untuk fotomu.

.

Source

 

Please reload

Featured Posts

Tutorial Videografi: Memilih Lensa yang Tepat Untuk Filmmaking

June 27, 2016

1/10
Please reload

Recent Posts

December 11, 2019

October 30, 2019

Please reload

Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic
©2013 by Zenon Rental
  • Black Instagram Icon
  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black YouTube Icon